Sunday, February 17, 2013

Cara Claim Website atau Blog di Alexa.com



cara claim website atau blog di alexa.comSetela anda memasang widget traffic rank Alexa di Website atau Blog. Ada satu hal lagi yang menurut para blogger senior yang juga penting kita lakukan yaitu Cara Claim website atau blog di alexa.com.
Seberapa pentingkah kita meng-klaim kepemilikkan website atau blog tersebut ? Gunanya kita claim website atau blog di alexa adalah: Sebagai bukti kepemilikan blog baik de facto maupun de jure.
Sekarang anda Sign Up dulu di www.alexa.com apabila belum mempunyai account atau anda bisa Log in dengan Account Facebook, setelah semua proses registrasi selesai dan log in anda bisa langsung ke → http://www.alexa.com/siteowners/claim . Ketik alamat website atau blog anda pada box yang telah tersedia.
claim website atau blog di alexa.com
Setelah anda mengklik Claim Your Site, maka anda akan berada di halaman selanjutnya seperti gambar dibawah ini. Terlihat bahwa disitu ada keterangan Status: Not Claimed Yet.
Berikut ada 2 pilihan cara yang bisa kita pilih dalam melakukan klaim:
Cara meletakkan Verification ID di Blogspot atau WordPress.com
A. Cara yang pertama. Berlaku bagi yang telah memiliki Domain dan Self Hosting (cPanel).
  • Download this file to your Computer, anda Klik → Download
  • Upload the File to the root directory, sekarang anda log in dulu ke cPanel dan Upload file tersebut ke root directory public_html. Setelah selesai dan di simpan, kembali ke halaman alexa.
  • Langkah terakhir anda klik → Verity the file on the your site.
B. Cara yang kedua. Bagi yang telah memiliki Domain dan Self Hosting (cPanel) langsung terapkan tiga poin dibawah. Untuk Blogspot, masuk ke → “Mengedit rancangan HTML“, sedangkan wordpress.com bisa meletakkan Verification ID pada Tools (perkakas) » dan letakkan di salah satu webmaster tools Google atau Bing, setelah itu klik → Save dan baru lakukan poin yang no 3 di bawah.
  • Log in ke wp-admin, klik menu → appearance → editor → header.
  • Letakkan Alexa Verification ID diantara tag <head> …  </head>, dan klik → update file.
  • Kembali ke halaman alexa, lalu klik → Verify my ID.
Apabila tidak terjadi kesalahan dalam proses mengklaim, maka anda akan melihat notification ( pemberitahuan ) dari alexa seperti gambar dibawah ini.. Untuk blog ini sendiri saya memilih cara yang pertama sewaktu melakukan klaim website / blog di alexa.

No comments: