Wednesday, November 7, 2018

Memperbaiki Error Mixed Content Pada Https Blogger

Buat para blogger khususnya yang bermain di platform blogspot pasti sudah sering melihat pesan, bahwa blogspot kini sudah support https. Tapi kalau saya lihat-lihat ternyata tidak semua blogger menggunakan fasilitas ini. Padahal dengan menggunakan https, menjadikan blog kita dilihat oleh search engine ataupun pengguna lebih aman. karena menggunakan jalur aman atau secure. 


Nah buat kalian yang mungkin kebetulan sedang berusaha merubah blognya menjadi https, seperti blog saya ini. Tetapi ternyata setelah disetting via dashboard masih terdapat tanda seru kuning, berikut saya berikan beberapa langkah untuk merubahnya, dan mendapatkan status secure 100%.

Pertama, perlu diketahui bahwa ssl pada blogger hanya berlaku pada subdomain blogspot, jadi buat kalian yang sudah  memasang custom domain di blognya, bisa menggunakan ssl lain selain dari blogger.

Untuk mengaktivkan https caranya sangat mudah, kalian masuk kedalam dashboard blogger, lalu buka setting / setelan -> Dasar. Kemudian pada bagian Pengalihan HTTPS kalian setting 'YA'.
membuat blog full https tanpa mixed content

Setelah itu silahkan coba buka blog tersebut dengan menggunakan https://. Jika beruntung, blog kalian akan langsung mendapatkan status secure. Akan tetapi apabila ternyata masih terdapat tanda seru berwarna kuning, maka ada beberapa kemungkinan yang menyebabkanya.
membuat blog full https tanpa mixed content
Biasanya blogger sendiri akan memberikan peringatan berupa pesan " Mixed Content " atau konten tercampur, diantara http dan https. Berikut cara mudah mengatasinya :

Cara mudah untuk menemukan sumber tidak aman yang menyebabkan blog kita mendapat tanda seru kuning adalah dengan cara, buka halaman/postingan yang akan diperiksa, kemudian tekan bersamaan ctrl+shift+k (firefox) atau Klik menu -> developer -> web console. Disana nanti akan diperlihatkan setiap sumber yang mengandung link tidak aman, dan kita hanya perlu menggantinya dengan https:

1.  Jika mixed content ini terjadi hanya pada satu halaman saja
Itu artinya terdapat konten campuran didalamnya, semisal dalam postingan tersebut terdapat gambar / video dengan koneksi http.

Untuk mengatasinya, silahkan edit halaman / postingan tersebut lalu masuk ke mode HTML , dan kemudian cari setiap kode yang mengandung sumber / link , seperti gambar, video, audio , script. Ganti setiap http: menjadi https. Kemudian perbarui 

Ingat pastikan bahwa sumber yang kalian ganti dengan https masih bisa diakses, setiap link yang menggunakan http, silahkan buka di tab baru lalu ganti dengan https, apabila sumbernya masih bisa dibuka , berarti bagus bisa digunakan. Namun apabila ternyata malah error, sebaiknya tetap gunakan http, atau ganti sumber/servernya dengan yang support https :)

2. Error mixed content terjadi pada setiap halaman dan homepage 
Hal ini terjadi karena konten campuran terdapat pada tema blog yang digunakan. 

Cara menghilangkannya adalah, kalian harus edit template nya dan ganti semua sumber yang menggunakan http dengan https, dari mulai template sampai widget yang terpasang. Bisa dengan metode replace menggunakan notepad, atau aplikasi edit untuk mempermudah dan memastikan tidak ada kode yang terlewat.

Cara perbaiki mixed content https blogspot
Nah kalau semua sumber tidak ada yang terlewat, pasti blog kalianpun akan mendapatkan status secure connection seperti blog saya ini. Semoga bermanfaat.

No comments: