Sunday, April 7, 2013

Moon Moth

kupu kupu unik

Ngengat

Hari raya Kuningan pagi ini sungguh padat, namun ada sebuah pemandangan yang sangat berkesan! kemunculan seekor Ngengat yang sangat indah dan baru pertama kali saya temui! Actias maenas demikian nama latin dari Ngengat yang saya temui

mungkin sobat bingung perbedaan ngengat yang saya sebut dengan kupu-kupu ok,,,begini menurut wiki Kupu-kupu dan ngengat (rama-rama) merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, atau "serangga bersayap sisik" (lepis, sisik dan pteron, sayap).
Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. (van Mastrigt dan Rosariyanto, 2005).
Kupu-kupu dan ngengat amat banyak jenisnya, di Pulau Jawa dan Pulau Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya, akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk., 1999). Kupu-kupu pun menjadi salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.

nah  Actias maenas yang saya temui pagi ini biasanya ditemukan di daerah Gonoharjo, Kec Limbangan, Kab. Kendal. Daerah tersebut merupakan salah satu hutan hujan tropis dengan ketinggian sekitar 800 mdpl.
Ngengat ini merupakan salah satu spesies ngengat yang sudah jarang ditemui di alam. Para penghobi koleksi kupu-kupu menempatkan jenis ngengat ini dalam daftar ngengat favorit untuk dikoleksi.
Habitat A. maenas adalah tropical rainforest, paratropical rainforest dan notophyllous broad-leaved evergreen forest. Memiliki persebaran global pada daerah sub-himalaya  di Timurlaut India, Asia Tenggara hingga Kepulauan Sunda Besar.
Keluarga pohon mangga merupakan salah satu pensuplai pakan dari ngengat yang berasal dari keluarga Saturniidae ini.
A. maenas dewasa memiliki dimorfisme seksual. Jantan memiliki warna kuning terang dengan noda coklat serta memiliki “ekor” yang sangat panjang. Sedangkan pada betina memiliki warna hijau terang dengan ekor yang tidak terlalu panjang.
Pada jantan memiliki 2 antena yang menyerupai sisir. Sayap membentuk segitiga dengan noktah coklat di kedua sayapnya. Noktah tersebut merupakan senjata untuk mengelabui para pemangsa, karena saat sayap membuka penuh akan membentuk seperti mata dan muka hewan yang lebih besar.
Disebutkan ada beberapa ancaman bagi ngengat ini adalah beberapa parasit yang menyerang kepompong, perburuan para kolektor kupu-kupu serta berkurangnya habitat dan pohon inang.
ulat moon moth
ulat moon moth


moon moth
moon moth
moon moth
moon moth

moon moth
moon moth
moon moth
moon moth

moon moth

pada awalnya saya kira moon moth ini adalah comet moth, setelah saya coba lebih teliti ternyata corak kedua ngengat ini berbeda walau memiliki  bentuk yang sangat mirip